Mesin pencari telah menciptakan industri mereka sendiri, dengan jaringan orang yang mengabdikan hidup mereka untuk membantu situs web naik peringkat mesin pencari. Namun dalam banyak kasus, backlink masih sangat disalahpahami.

Di blog ini, kita akan melihat beberapa tips SEO untuk pemula, menganalisis jenis backlink yang harus dipertimbangkan untuk wewbsite anda.

1. Jaringan Blog Pribadi (PBN)

Jika Anda pernah mencoba melakukan pekerjaan membangun tautan, Anda mungkin menerima email dari seorang blogger dengan spreadsheet yang penuh dengan situs web yang mereka miliki dan mereka akan dengan senang hati mendaftarkan situs web Anda.

Sementara akses mudah ke sejumlah situs yang tampaknya berkualitas mungkin tampak menggoda, ini adalah apa yang dikenal sebagai jaringan blog pribadi.

Jaringan blog pribadi yang dibuat oleh entitas tunggal, satu-satunya tujuan mereka adalah untuk memberikan link balik ke situs web yang lebih besar. Ini bukan situs web otentik yang dirancang untuk menawarkan layanan atau nilai kepada pengguna. Mereka adalah skema penghasil uang.

Google mengetahui hal ini dan, sejak 2012, mereka telah menutup jaringan blog pribadi. Beberapa masih bertahan, tetapi mereka yang menggunakannya dilaporkan dikenai hukuman peringkat yang serius .

 2. Konten Gandakan

Posting tamu di blog dan publikasi web adalah praktik backlinking yang populer dan, jika dilakukan dengan benar, itu bisa sangat bermanfaat bagi pemasaran mesin pencari Anda. Jika dilakukan secara tidak benar, ini bisa menjadi bencana tektonik.

Inilah godaannya:

Menulis blog yang berkualitas membutuhkan waktu dan upaya, jadi mengapa tidak hanya menulis satu blog yang bagus dan mempublikasikannya di dua puluh situs web? Alih-alih menulis ribuan kata dan menghabiskan berminggu-minggu membuat semua konten, Anda bisa mengamankan 20 backlink baik dari satu blog dan beberapa email.

Masalahnya adalah, Anda belum mendapatkan 20 backlink yang baik, Anda sudah mendapatkan satu backlink . Google tidak suka konten duplikat , dan juga tidak memberikan manfaat apa pun.

Konten duplikat Anda lebih dari 20 situs web hanya akan diberi peringkat oleh satu situs. Anda akan mendapatkan manfaat tautan dari satu situs web itu, tetapi Google akan mengabaikan sisanya. Itu 19 situs web yang bisa Anda dapatkan dari tautan berharga jika Anda telah memberi mereka konten unik.

Alasan posting tamu adalah strategi pemasaran digital yang efektif adalah karena dibutuhkan waktu dan usaha. Google tidak akan membiarkan Anda melakukannya dengan cara mudah.

3. Kiriman tamu yang berkualitas buruk

Konten duplikat keluar jendela. Jadi mengapa tidak mencoba sesuatu yang berbeda … Menulis 20 artikel berkualitas tinggi akan sangat memakan waktu, tetapi bagaimana jika Anda menelponnya sedikit?

Alih-alih menulis beberapa konten hebat yang membuat Anda perlu waktu untuk menulis, Anda menulis beberapa konten berkualitas buruk yang membuat Anda satu jam per posting – atau Anda membayar beberapa orang online untuk menulis Anda 500 kata untuk $ 3. Tentu, butuh waktu lebih lama daripada menduplikasi satu artikel yang sama, tapi setidaknya itu memotong beberapa sudut dan Anda mendapatkan backlink manis, meningkatkan peringkat, kan? Salah. Google juga sudah membahas hal ini.

Google sangat pintar: ia dapat menganalisis konten dan menentukan apakah itu memiliki nilai. Jika kualitasnya buruk dan tidak informatif, tidak ada nilainya bagi pembaca, tidak ada nilai bagi strategi pemasaran digital Anda dan Google akan mengabaikannya .

 4. Hanya Menggunakan Tautan DoFollow

Tautan DoFollow telah mendapatkan jus SEO itu – meningkatkan peringkat situs Anda dan visibilitas mesin pencari – sementara tautan NoFollow tidak memiliki manfaat sama sekali. Jadi, NoFollows pada dasarnya tidak berharga, bukan?

Tidak terlalu.

Meskipun benar bahwa tautan NoFollow tidak memberikan efek yang sama seperti tautan DoFollow, tautan itu tentu saja masih berharga .

Google mencari profil backlink alami untuk situs web Anda – profil yang menunjukkan bahwa situs web Anda menerima lalu lintas organik dan mungkin menarik bagi penggunanya. Semua situs web yang populer secara alami memiliki campuran tautan DoFollow dan NoFollow. Jika situs Anda hanya menerima tautan DoFollow, Google akan melihat perilaku tidak wajar ini dan kemungkinan Anda akan dihukum.

Campuran yang sehat dari tautan DoFollow dan NoFollow sangat penting.

5. Tautan Balik Otoritas Rendah

Google memiliki rahasia bahwa kita dalam bisnis pemasaran mesin pencari menghabiskan hidup kita dengan berusaha mencari tahu: otoritas.

Otoritas pada dasarnya adalah bagaimana Google menilai situs web Anda dan semakin banyak otoritas yang Anda miliki, semakin besar kekuatan paket pukulan tautan Anda.

Otoritas dikerjakan melalui sejumlah variabel yang tidak diungkapkan yang berkisar dari backlink masuk lainnya hingga popularitas pemirsa dan rasio klik-tayang – kami pikir …

Mustahil untuk mengetahui dengan pasti peringkat otoritas apa yang dimiliki situs web tetapi Moz Open Site Explorer adalah alat yang sangat baik untuk mendapatkan perkiraan kasar.

Dinilai dari 100, Anda akan menemukan situs-situs seperti peringkat Youtube dan Forbes sangat tinggi dan blog pribadi jauh lebih rendah.

Sebagai bagian dari strategi pemasaran digital Anda, lebih baik untuk menargetkan backlink otoritas yang lebih tinggi. Mencapai situs di wilayah 80+ akan menjadi rumit atau menghabiskan biaya yang sangat besar, tetapi Anda dapat memiliki banyak keberhasilan bahkan dengan situs di kisaran 20+.

Mereka yang mulai masuk ke dalam remaja dan angka tunggal jauh lebih tidak berharga. Seringkali ini adalah situs baru dengan jumlah pembaca sedikit – atau telah dihukum oleh Google.

Kadang-kadang jenis tautan ini akan memiliki nilai, terutama jika mereka memiliki pembaca yang berdedikasi atau sesuai dengan ceruk khusus Anda, tetapi kekuatan mereka untuk meningkatkan otoritas Anda terbatas sehingga lebih baik untuk memfokuskan upaya di tempat lain.

6. Komentar Blog

Komentar blog tidak disarankan, tetapi harus digunakan dengan hati-hati.

Meninggalkan komentar untuk membantu komunitas, menawarkan saran sambil menautkan kembali ke blog yang menjelaskan – atau paling tidak relevan dengan – subjek diskusi, adalah cara yang baik untuk membangun lalu lintas alami.

Namun, menurut Matt Cutts, mantan kepala Tim Spam di Google, itu bukan cara yang efektif untuk membangun profil backlink .

Beberapa backlink ke situs web Anda dari komentar blog tidak akan menimbulkan masalah dan benar-benar akan membantu Anda menghasilkan profil tautan yang sehat. Namun, banyak tautan komentar blog dapat berdampak buruk.

Tautan backlink komentar blog dalam jumlah besar dipandang sebagai praktik spam dan akan berdampak buruk bagi situs web Anda.

7. Forum Diskusi dan Tanda Tangan

Tautan balik dari forum berfungsi sangat mirip dengan komentar blog.

Mereka akan memberi Anda peningkatan lalu lintas jika diposting di tempat yang tepat dan membantu berkontribusi pada profil tautan yang kuat jika dilakukan secara organik, tetapi mereka dapat dikategorikan sebagai spam jika digunakan secara berlebihan.

Jangan terlibat dengan posting forum sebagai cara membangun backlink. Ini adalah praktik yang tidak berharga dan juga buruk. Namun, ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan kredibilitas.

Jika Anda seorang ahli dalam SEO dan Anda memposting di forum SEO, menawarkan saran, menyelesaikan pertanyaan orang dan menghubungkan ke konten yang berharga, maka nama dan situs web Anda berpotensi menjadi otoritas yang memiliki reputasi baik. Ini memiliki potensi untuk membangun lalu lintas alami dan organik.

8. Tukar Pertukaran

Semua orang mencari untuk membangun profil backlink mereka dan mereka ingin melakukannya dengan cara yang paling efektif waktu.

“Tapi, tunggu sebentar, bukankah aku punya situs web bebas spam dengan otoritas yang layak? Mengapa saya tidak menawarkan untuk menautkan kembali ke beberapa situs web lain dengan imbalan mereka terhubung dengan saya? Semua orang menang! “

Yah, mereka dulu.

Pada hari-hari awal membangun backlink, praktik ini sangat efektif, tetapi Google lebih tua dan lebih bijaksana sekarang. Ia tahu orang-orang akan mencoba dan mengambil jalan pintas untuk membangun tautan, dan bertukar tautan adalah salah satu metode mudah yang mereka coba untuk tidak lakukan.

Pertukaran tautan akan memiliki efek kecil dan positif, tetapi itu hanya sebagian kecil dari manfaat SEO yang dialami dari tautan satu arah. Google tidak akan menghukum Anda sepenuhnya; Lagi pula, ada banyak alasan mengapa dua situs web mungkin terhubung satu sama lain karena alasan organik.

Namun, pertukaran tautan skala besar jauh lebih terlihat dan akan dianggap mencurigakan.

Memperdagangkan tautan untuk tautan bukanlah jenis strategi pemasaran digital yang paling bermanfaat dan cara terbaik untuk menghindari hukuman adalah dengan menghindarinya sepenuhnya dan menginvestasikan waktu Anda dalam strategi membangun tautan lainnya.

9. Situs Web Bahasa Asing

Saat membuat backlink, mudah dan serius untuk melemparkan tautan Anda ke situs web asing. Tapi ingat, Google selalu menonton.

Relevansi adalah kunci bagaimana Google menentukan pilihan peringkatnya. Bagaimanapun, ini adalah layanan pelanggan, jadi ia ingin memberikan hasil yang relevan dengan tuntutan pelanggannya.

Jika Google melihat bahwa Anda menautkan dari situs web asing – jelas situs web yang tidak relevan dengan apa yang Anda tawarkan – itu akan menandai ini sebagai perilaku yang mencurigakan. Dan hanya orang yang tidak baik yang curiga.

10. Backlinks Tidak Relevan

Sementara tentang masalah relevansi, penting untuk menyebutkan jenis umum praktik pembangunan tautan buruk lainnya: backlink yang tidak relevan.

Beberapa tautan lebih mudah didapat daripada yang lain, tetapi selama tautan tersebut berasal dari situs yang berwibawa dan memiliki reputasi baik, itu dapat menambah nilai pada kampanye pembuatan tautan Anda, bukan?

Dalam sebuah kata? Tidak.

Jika Exposure Ninja, sebuah perusahaan pemasaran digital , mendapatkan backlink dari blog yang ditujukan untuk permainan papan, Google akan segera melihat ada sesuatu yang salah. Mengapa situs web papan permainan tautan ke bisnis pemasaran digital?

Tautan sekali saja tidak akan menarik perhatian, tetapi semakin tidak relevan tautan yang Anda miliki, semakin palsu profil backlink Anda dan semakin besar peluang Anda untuk dihukum.

11. Advertorial

Advertorial adalah metode pemasaran bisnis yang populer, dan seringkali juga sangat efektif. Namun, yang tidak efektif adalah membangun tautan.

Google telah dengan jelas menyatakan bahwa backlink yang diperoleh dari advertorial adalah metode buatan dari pembuatan tautan , bertentangan dengan pedoman mereka untuk praktik yang baik.

Untuk menghindari hukuman, advertorial harus berupa tautan NoFollow. Jika tautan DoFollow ditempatkan pada konten advertorial, kemungkinan akan ada konsekuensi peringkat untuk situs web Anda.

Advertorial: Praktik pemasaran yang baik, praktik pembangunan tautan yang buruk.  

12. Kurangnya Variasi Teks Jangkar

Anchor text adalah alat yang sangat berharga. Ini membantu Google memahami dengan tepat apa situs Anda dan bagaimana cara mengategorikannya, tetapi menggunakan jangkar teks yang salah bisa berbahaya.

Menggunakan hanya beberapa (atau bahkan hanya satu) frase teks jangkar untuk selalu menautkan kembali ke situs web Anda merupakan strategi pemasaran digital yang buruk dan akan di-clock oleh Google. Ini adalah buatan, pembuatan tautan yang nyata dan akan dikenakan sanksi.

Saat menggunakan teks jangkar, pastikan untuk menggunakan variasi kata kunci dan sinonim untuk menjaga frasa Anda tetap luas sambil tetap mengarahkan Google ke arah yang benar.

Tidak yakin kata kunci apa yang akan digunakan dan ditautkan? Berikut 5 tips untuk memilih kata kunci terbaik .

13. Terlalu sering menggunakan Anchor Text

Sama seperti Anda harus berhati-hati tentang rentang frasa teks jangkar yang Anda gunakan, demikian juga Anda harus berhati-hati terhadap kepadatan distribusinya.


Profil tautan alami akan terdiri dari beberapa tautan teks jangkar dan beberapa tautan teks yang lebih organik. Sebagai contoh, seorang blogger yang menautkan ke Exposure Ninja dapat mengirim backlink dengan cara kami di bawah teks kata kunci “agen pemasaran digital”, atau mereka dapat memberikan tautan di bawah sesuatu yang lebih kasual, seperti “orang-orang di Exposure Ninja”.

Ini adalah arketipe yang menghubungkan alami dan Google akan mengakui keduanya. Meskipun tautan teks jangkar cukup baik, jika Anda memasukkan volume tinggi tautan teks jangkar ke setiap sudut profil backlink Anda, Google akan melihat perbedaan antara profil backlink alami yang biasa dari situs web lain, dan profil berulang Anda sendiri.

14. Generator Backlink

Pencarian Google cepat untuk “generator backlink” memunculkan hampir setengah juta pencarian, dengan situs web terkemuka menawarkan ribuan backlink gratis berkualitas tinggi dalam hitungan menit.

Kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Ya…

Layanan ini adalah spammer backlink otomatis, melemparkan tautan Anda ke mana saja mereka bisa. Anda mungkin telah memperhatikan peningkatan CAPTCHA selama bertahun-tahun: perangkat lunak yang membutuhkan interaksi agar Anda mendaftar ke situs web, seperti memasukkan kata atau serangkaian angka. Peningkatan ini sebagian disebabkan oleh backlink generator seperti ini menyalahgunakan situs web sederhana.

Menggunakan generator tautan spam untuk pemasaran mesin pencari tidak akan pernah berakhir dengan baik untuk situs web Anda, jadi Anda harus menghindari mereka.

15. Tautan Balik Widget

Widget dapat berupa apa saja, mulai dari jendela obrolan langsung hingga kalkulator pajak. Mereka adalah metode yang bagus untuk memperkenalkan interaksi ke situs web dan telah menjadi sangat populer di web dalam beberapa tahun terakhir.

Jika Anda membuat widget yang baik, Anda mungkin akan menerima minat dari beberapa situs yang ingin mempostingnya untuk pengguna mereka sendiri. Google menyadari bahwa merek mendapatkan jumlah backlink yang sangat tinggi karena membuat satu widget dan sejak itu menekan proses tersebut.

Google secara eksplisit mengatakan bahwa backlink dari widget haruslah NoFollow , artinya tidak perlu lagi menggunakan semua chip dalam strategi membangun tautan semacam ini.

16. Direktori Artikel

Direktori artikel, seperti eHow dan HubPages, seringkali merupakan platform penerbitan mandiri yang dirancang untuk mengumpulkan sebanyak mungkin konten.

Ini berarti semua orang dapat memposting di sana, selalu ada topik yang relevan untuk dibicarakan dan tautan mudah didapat.

Seperti yang mungkin Anda bayangkan, Google bukan penggemar situs web yang menggunakan taktik ini sebagai strategi pemasaran digital. Meskipun mereka tidak akan menghukum Anda karena itu (situs web ini sebenarnya tidak dianggap sebagai spam karena mereka biasanya menawarkan nilai dan dilengkapi dengan beberapa bentuk moderasi), mereka juga tidak akan menghadiahi Anda.

Direktori artikel tidak dipertimbangkan dalam algoritma peningkatan peringkat Google.

17. Backlink Hacking

Ini tidak persis mengejutkan, tetapi tetap layak disebut.

Beberapa orang yang tidak menyenangkan berpikir cara yang baik untuk mendapatkan backlink adalah dengan meretas situs web lain dan menyembunyikan tautan dalam kode tersebut. Mereka melakukan ini untuk meningkatkan peringkat situs web mereka sendiri atau situs tempat mereka menjual layanan peretasan ini.


Beberapa situs web bahkan mungkin tidak tahu tautan yang mereka bayar datang melalui backlink yang diretas.

Tautan balik yang diretas tidak hanya dihukum berat oleh Google; mereka sangat ilegal. Kami menyarankan Anda tidak pernah melakukan latihan ini.

Jika Anda khawatir tentang tanpa disadari membayar untuk layanan pembuatan tautan yang membangun tautan melalui situs peretasan, cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah dengan melakukan bisnis dengan agen pemasaran digital terkemuka .

18. Tautan dari Situs Tidak Terindeks

Situs yang diindeks hanyalah sebuah situs web yang dikenali Google. Itu tidak harus memiliki pengaruh serius, pembaca atau otoritas domain. Itu hanya harus ada dalam batas-batas pedoman Google.

Contoh situs yang tidak diindeks oleh Google adalah situs web baru atau situs web yang telah dihukum sampai tidak dipedulikan oleh mesin pencari. Tautan dari kedua jenis situs web tidak berguna, karena Google sama sekali tidak mengakuinya.

Untuk memeriksa apakah suatu situs diindeks oleh Google, cukup cari nama atau merek situs yang tepat – atau Anda dapat menggunakan alat pihak ketiga seperti Pingler . Jika Anda tidak mendapatkan hit kembali untuk itu, situs tidak diindeks dan harus dihindari untuk saat ini.

19. Tautan Balik Berada Buruk

Google adalah salah satu cookie yang pintar.

Tidak hanya melihat tautan apa yang keluar dari halaman, tetapi juga posisi mereka di halaman itu. Tautan yang terletak di sidebar sering kali bersifat komersial – seperti iklan dan iklan spanduk – dan Google mengetahui hal ini.

Anda ingin backlink Anda berasal dari badan laman web jika memungkinkan, karena di sinilah Google menemukan sebagian besar backlink organik dan non-komersialnya yang telah ditempatkan untuk menawarkan nilai pengguna.

20. Tautan Balik Footer dan Sidebar

Inilah sebuah pemikiran. Anda memiliki situs web dan memiliki otoritas yang memadai, jadi mengapa tidak menautkan ke halaman Anda sendiri?

Di satu sisi, ada kelebihan dalam ide ini. Google akan mengenali tautan dari situs web Anda ke sudut-sudut lain dari situs Anda – itulah sebabnya kami sarankan untuk membuat blog yang keren, di antara alasan lainnya. Namun, ini bukan situasi yang dapat dimanfaatkan dengan mudah.

Seringkali, pemilik situs web mencoba dan memasukkan banyak backlink dari halaman mereka ke footer, sidebars, dan feed lain yang muncul di setiap halaman situs. Jika Anda memiliki situs besar, bisa jadi ratusan tautan semuanya menunjuk ke satu halaman.

Tidak mengherankan, Google mengetahui taktik ini.

Itu tidak akan menghukum Anda karena menempatkan tautan di footer atau sidebar situs web Anda sendiri – feed berita, daftar konten paling populer dan sejenisnya adalah bentuk keterlibatan pengguna yang populer – tetapi itu tidak akan memberi Anda manfaat apa pun juga.

Apa yang kemungkinan besar akan terjadi adalah bahwa tautan ini yang muncul di seluruh situs Anda akan dihitung sebagai hanya satu backlink. Jadi, tautan di footer dan sidebar dapat menjadi cara yang bagus untuk menarik dan mengarahkan lalu lintas, tetapi tidak ada gunanya dalam hal membangun profil backlink.

21. Tautan Balik Tersembunyi

Dengan cara yang mirip dengan peretasan, cukup mudah untuk – secara legal – menyembunyikan backlink di dalam situs web Anda. Ini adalah strategi pemasaran digital lama, digunakan sebagai cara memasukkan tautan ke halaman web tanpa merusak daya tarik estetika dan tampak sebagai spam.

Tetapi hanya karena rata-rata pengguna Anda tidak dapat melihat tautan ini, bukan berarti Google tidak bisa. Menyembunyikan tautan di mata mesin pencari menipu dan membawa hukuman berat.